Definisi Anekdot dan Negeri | Anekdot Negeri



Menurut wikipedia, anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot sendiri selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya.
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
Jadi, berdasarkan bebrapa uraian di atas dapat kita tarik suatu simpulan bahwa anekdot adalah sebuah cerita yang memiliki unsur lucu, mengesankan, sehingga menarik untuk dibaca. Teks anekdot biasanya berisi sindirian yang ditujukan kepada seseorang. Tetapi, sindiran tersebut memang nyata ada pada diri yang disindir.
Definisi negeri menurut KBBI adalah tanah tempat tinggal suatu bangsa. Di dalam bangsa terdapat suatu susunan pemerintahan yang terdiri dari beberapa orang dengan tujuan yang sama dan satu. Yaitu memajukan, mensejahterakan, memakmurkan, dan pada intinya mensukseskan berdirinya negara. Kemudian muncul pertanyaan, siapakah orang-orang tersebut? jawabannya orang-orang tersebut adalah kumpulan orang (rakyat) yang diberi amanat atau diberi, dibebankan, dan dipercaya mewakilkan semua keluh kesah rakyat pada umumnya.
Nama blog ini “Anekdot Negeri” bertujuan untuk menggabungkan dua istilah tersebut menjadi satu kesatuan yang utuh dan menarik untuk ditulis menjadi beberapa tulisan yang memiliki dua sisi berbeda. Dua sisi tersebut, yaitu sisi politik dan sisi jenakanya penguasa (pembuat kebijakan). Karena di dalam hidup ini saling bertolak belakang ada sisi baiknya dan ada sisi buruknya. Apabila dianalogikan, seperti baterai, ada kutub positif dan kutub negative yang keduanya saling bertolak belakang tetapi bisa menyatu karena perbedaan itu. Maka dari itu, perlunya cerita non-fiksi yang menarik dan menghibur hati rakyat agar tidak gundah, resah dan gelisah terhadap Negeri dan perangkat-perangkatnya (elite politik).
Setiap kali pemilu, entah Pileg maupun Pres semua tetap sama. Tetap rakyat yang kalah. Berlandaskan itu website atau blog ini terbentuk. Menampung segala narasi Negeri dari tiap-tiap hati yang tersakiti oleh wakilnya sendiri. sarkasme, sinisme, dan frontalisme semua ada di dalam substansi blog ini. Esensinya adalah mengubah segala hal yang kiranya menakutkan yang bersifat khusus (untuk sebagian orang), bisa berubah menjadi umum (untuk khalayak ramai). Terkadang, blog ini memberikan motivasi sesekali guna menguatkan hati mereka-mereka yang terpinggirkan oleh hagemoni kekuasaan.
Setiap orang mempunyai caranya masing-masing dalam mengekspresikan diri. Blog ini juga sama halnya dengan kehidupan yang penuh warna. Sebisa mungkin menyuguhkan semua hal yang berkaitan dengan apa=apa yang terjadi di dalam ruang lingkup sosial kaum jelata dan terbuang oleh zaman dan perkembangan.
Anekdot Negeri berupaya menyuguhkan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan, perkataan, perbuatan, dan pengalaman dari orang-orang yang terasingkan olelh majunya teknologi dan komunikasi.
Konsep kenegaraan dan kebangsaan akan kami angkat beberapa. Tetapi, akan kami bungkus dengan hal-hal yang bermuatan sindiran lucu, langsung kepada pejabat-pejabat yang bersangkutan. Sekilas mengenai website “Anekdot Negeri”…

Post a Comment

0 Comments