Anekdot : Motivasi Pembentukan Komnas Perlindungan Hewan, pemerkosaan hewan



Indonesia perlu Komnas Perlindungan Hewan. Ketidakadilan terhadap hak asasi nampaknya tidak hanya terjadi di dunia permanusiaan tetapi sekarang sudah meranjah ke dunia perhewanan. Bukan hewan yang mengambil hak-nya si manusia, tetapi si manusia yang mengambil hak-nya si hewan. Aneh dan miris memang apabila kita di hadapkan dengan realita tersebut.
Tuhan sudah menganugerahkan akal kepada manusia sebagai pembeda di antara makhluk-makhluk lainnya, agar digunakan sebagaimana mestinya. Pertanyaannya sekarang adalah apakah oknum manusia yang memperkosa dan mengambil hak makhluk lain yang notaben tidak mempunyai akal (hewan) tersebut dapat dikatakan ‘ada’ otak dan seperangkat akalnya di dalam kepalanya? Silahkan jawab di kolom komentar.

Baru-baru ini ada berita pemerkosaan hewan di daerah Panggung Rejo, Sukoharjo, Pringsewu yang membuat warga net tecengang karena ulah oknum manusia yang dengan sangat tidak bertanggung jawab memperkosa 1 ekor kambing, dan 1 ekor sapi. Mungkin sudah saking ‘kebelet’ jadi tidak bisa ditahan-tahan lagi birahinya. Akhirnya terjadilah tindakan asusila tersebut. Kasus tersebut satu di antara banyak kasus yang terjadi di negeri yang indah ini.

Bertolak dari semua perbuatan yang sudah melampaui batas terhadap dunia perhewanan, perlu dibentuk suatu lembaga perlindungan hewan. Agar korban-korban pemerkosaan yang dilakukan oleh oknum manusia mendapat psikoterapi untuk mengantisipasi guncangan kejiwaan seusai kejadian. Kalau perlu ada menteri perhewanan juga.

Pasal-pasal mengenai Hak Asasi Manusia (HAM) sudah banyak tercantum di kitab-kitab Undang-Undang, tetapi mengapa Hak Asasi Hewan (HAH) tidak ada. Seperti hak untuk hidup dan berkembang biak dengan sejenisnya (bukan dari sebangsa manusia). Kalau di KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) sudah ada tercantum sanksi menyiksa hewan, itu pun sedikit saja pembahasan mengenai itu. Kalau pun ada di kitab Undang-Undang lain bisa kalian cantumkan di kolom komentar ya, biar lebih eksis dan bisa dilihat oleh semua manusia di muka bumi tentang pentingnya menghormati setiap hak asasi semua makhluk hidup.

Post a Comment

0 Comments